PEMBELI TIPU-TIPU , Hati-Hati buat para penjual ONLINE!! WASPADAI hal berikut ini


Berjualan online bukanlah hal yang mudah. Karena kami, penjual online harus bekerja keras untuk membuat ikatan kepercayaan dengan pembeli. Mengapa? Bagaimana tidak, kami berjualan secara online, memberikan gambar produk dan mencoba menjualnya di media sosial berharap ada seorang customer yang baik hati yang mau membeli produk kami. 

Tidak mudah membangun rasa percaya pembeli karena banyaknya pedagang online yang 'tipu tipu' sehingga reputasi para penjual online jadi jelek. Padahal masih banyak penjual online yang jujur dan juga menjual barang berkualitas. 

Tahukah kalian? Pertama kali ketika berjualan secara online, dalam waktu 1 bulan pun belum tentu barang kita laku terjual lho. Bahkan ada penjual online yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk membangun rasa kepercayaan pembeli kepada kami sehingga penjualan bisa meningkat. 

Ketika pertama kali produk terjual walaupun hanya 1 saja produk yang terjual, rasanya sangat menggembirakan.  Ya , memang begitulah yang namanya kesuksesan tidak ada yang instan semuanya butuh proses. 

Lalu, bagaimana ketika  'Penjual Online yang Jujur' Ditipu oleh seorang 'Pembeli tipu-tipu'??'

Pada dasarnya semua online shop punya flow seperti ini sampai barang sampai ditangan pembeli

Flow Online Shop
Setiap customer yang melakukan transfer, mereka pasti akan mengirimkan bukti transfer uang, hal ini mereka lakukan untuk membuktikan bahwa mereka telah melakukan transfer sejumlah uang kepada penjual online. 

Nah, ada sedikit pengalaman kami yang sudah berjualan online sekitar 4 tahun lebih yang sering menemukan hal macam seperti ini. 

Nah, ceritanya neh ada yang nawar-nawar produk kami. Setelah deal dengan harga dan juga ongkir, kami memberikan rekening untuk dia mentransfer uang tersebut. Setelah beberapa jam, kami diberikan bukti transfer yang pasti sudah dikenali banyak orang, seperti ini. 

Bank Transfer

Nah, Si pembeli 'tipu-tipu' ini pun mengirimkan konfirmasi bahwa sudah mentransfer uang. Rupanya, dia mentranfer uang dari rek BCA ke rek MANDIRI kami. 


Konfirmasi Pengiriman Uang Dari Pembeli

Karena pengalaman jualan online, kami tidk langsung percaya dengan kertas yang difoto itu walaupun kelihatannya beneran. Kami pasti langsung mengecek ke internet banking. Dan ternyata memang tidak ada uang yang masuk ke rekening kami. 
Kami pun mengkonfirmasi ulang ke pembeli. 

Dan Si pembeli 'tipu-tipu' ini tetep bilang kalau sudah transfer. Tapi, dia tidak mau kirim hasil mutasi ke kami. Nah, disitu kami yakin pasti si pembeli ini lupa buat ngedit. 


Nah, Bagaimana kita bisa tahu bahwa kita hampir kena tipu?
Kita melakukan penyelidikan. 
Pertama kita mengecek lagi ke internet banking mungkin saja saat itu internet bankingnya lagi error. ternyata, tidak error. dan transferan dari pembeli lain masuk. 

Akhirmya, kita mengecek lagi. ternyata ada kejanggalan dari bukti transfer yang dikirimkan tadi. 
perhatikan baik-baik : 

1. Ada sedikit editan yang mungkin tidak disadari oleh sebagian orang yang melihat dengan sekilas bukti transfer ini. No rekening terlihat sekali seperti tempelan atau editan dan sedikit di blur untuk menipu mata penjual 

Bukti Transfer Palsu

2. Pembeli mentransfer uang dari rekening BCA ke Mandiri. 
Seharusnya, di bukti transfer terlihat jelas dikirim dari rekening apa ke rekening apa. 
Bukti transfer yang seperti ini adalah bukti transfer untuk sesama bank (Mohon dikoreksi ya kalau salah. hehe) 
Bukti Transfer Palsu Dari Pembeli
Tapi, kita nggak langsung suudzon pada pembeli kami lho. Kami tetap menunggu sampai keesokan harinya. Ternyata, transferan tidak juga masuk. 

Dan ketika kami akan mengkonfirmasi kepada pembeli, ternyata kontak kami sudah di blokir. 
dan Alhamdulillah kami selamat. 

Bagaimana cara penjual online agar tidak terkena tipu pembeli?
Berikut adalah tips agar tidak tertipu pembeli 'Tipu-tipu'
1. Tips pertama agar tidak terkena tipu pembeli adalah , apapun bukti transfernya, selalu cek mutasi bank lewat internet banking
2. Pastikan bahwa transferan sudah benar-benar masuk 
3. Jangan pernah mengirimkan barang ketika transferan belum masuk walaupun pembeli meyakinkan bahwa sudah mentransfer uang. 
4. Tetap tenang dan waspada. 
5. Berdoalah agar dijauhkan dari pembeli tipu tipu yang terkutuk.  

Semoga bermanfaat . 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PEMBELI TIPU-TIPU , Hati-Hati buat para penjual ONLINE!! WASPADAI hal berikut ini"

Posting Komentar