Mengajarkan 'PEMROGRAMAN KOMPUTER' sangat efektif untuk 'MELATIH LOGIKA ANAK'

Menjadikan Anak Sebagai Programmer


Pemrograman komputer merupakan hal yang paling disukai oleh mahasiswa informatika yang 'memang' menyukai pemrograman komputer. Jika kita dapat melihat dari sudut pandang yang berbeda, pemrograman komputer sebenarnya adalah pelajaran yang sangat menarik. Tergantung bagaimana cara menyikapi dan memahami setiap bahasa pemrograman yang dipelajari. 

Belajar pemrograman ternyata bisa dimulai sejak anak-anak. Dalam hal ini kita mengenalkan sesuatu yang bisa membuat daya nalar mereka berkembang dengan baik. Dengan mengenalkan pemrograman komputer sederhana kepada anak-anak secara tak langsung kita telah melatih cara berfikir dan logika mereka menjadi berkembang semakin baik.


Belajar memprogram adalah belajar membuat instruksi yang logis dan  terperinci, jadi ini melatih logika anak. Ketika belajar membuat program, kita akan membuat kesalahan, di sini kita akan belajar debugging.  Ketika belajar memprogram, seseorang tidak belajar mengenai “benar”, dan “salah”, tapi “apakah ini bisa diperbaiki?”, dan “bagaimana cara memperbaikinya?”.

Ilmu pemrograman sangat dekat dengan ilmu matematika, tapi dari sisi praktis. Bahasa pemrograman Logo yang dirancang oleh Seymour Papert merupakan salah satu contoh pendekatan pengajaran matematika melalui program.

Mengenai ketakutan bahwa anak-anak akan lebih dekat pada komputer sehingga tidak mengenal dunia dan menjadi kurang bersosialisasi tidak sepenuhnya benar.Orang-orang yang kurang bisa bersosialisasi adalah karena orang itu introvert, jadi tidak peduli bidangnya komputer atau bukan. Orang introvert mungkin lebih banyak yang tertarik pada dunia komputer karena lebih nyaman bagi mereka berada di depan komputer. Jadi bukan komputer yang membuat orang menjadi introvert, tapi orang introvert yang lebih tertarik pada dunia komputer.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengajarkan 'PEMROGRAMAN KOMPUTER' sangat efektif untuk 'MELATIH LOGIKA ANAK' "

Posting Komentar