Jangan Takut Melahirkan Normal !!! Ini solusinya

Proses Persalinan Secara Normal


Melahirkan secara normal merupakan hal yang sangat diidam-idamkan oleh wanita. Namun, ada sebagian wanita yang merasa takut untuk menjalani persalinan secara normal. Alasannya berbagai macam, takut dengan rasa sakitnya, Seharusnya, para ibu tidak perlu khawatir akan hal itu karena melahirkan merupakan kodrat wanita. Banyak sekali wanita diluar sana yang ingin sekali melahirkan normal namun tidak bisa. 

Apa saja persiapan persalinan normal yang harus disiapkan pada orangtua? 

1. Dapatkan pengetahuan yang lebih mengenai persalinan normal. 
Jika ini merupakan persalinan pertama yang dialami bunda, sudah pasti bunda akan merasa gugup dan bingung tentang apa atau bagaimana persalinan normal itu. Kadang pertanyaan seperti Apakah melahirkan normal itu sakit? Bagaimana tanda-tanda ketika akan melahirkan?Apa saja persiapan persalinan normal yang harus disiapkan? 
Hal pertama yang perlu disiapkan adalah mental. Bunda yang akan melakukan persalinan normal harus memiliki mental yang kuat dan keyakinan diri bahwa bunda mampu melakukan persalinan normal. Ketika bunda merasa yakin, akan ada kekuatan dari dalam diri yang akan membantu bunda untuk mudah melakukan persalinan normal

2. Penuhi asupan makanan bergizi
Selalu penuhi asupan makanan bergizi ibu hamil. Konsumsi juga suplemen penambah darah jika perlu. Jaga kondisi selalu tetap sehat agar kuat saat melakukan persalinan secara normal.

3. Selalu rutin memeriksakan kandungan
Dengan rutin melakukan pemeriksaan kandungan, makan bunda semakin tahu kondisi bayi yang dikandung bunda seperti apa. Sehingga ketika ada hal-hal yang terjadi dapat diketahui sejak dini 

4. Lakukan senam hamil atau jalan pagi
Senam hamil dan jalan pagi dapat membantu mempercepat proses persalinan. Namun, tetap jaga kondisi jangan terlalu capek untuk menghindari pecahnya ketuban sebelum persalinan. 

5. Berdoa
Ketika semua sudah dilakukan hal terakhir yang dapat dilakukan adalah pasrah dan berdoa. Karena hidup dan mati itu milik Tuhan. Berdoa akan membuat bunda menjadi lebih nyaman dan lebih tenang. 

Apa saja tahapan persalinan normal?
Ketika semua hal sudah disiapkan, tiba saatnya untuk persalinan normal. Apa saja tahapan persalinan normal? 

1. Tahapan pertama persalinan normal : Pembukaan 

Proses Pembukaan Persalinan Normal

Pembukaan merupakan tahapan awal yang harus dilalui oleh ibu hamil yang memilih jalan persalinan normal. Bagi ibu hamil yang baru saja pertama kali mengalami persalinan, pembukaan dapat berlangsung lebih dari 18 jam. Namun, untuk ibu yang sudah pernah melalui proses persalinan, proses pembukaan hanya berlangsung antara 2-3 jam saja

Pada proses pembukaan, setiap ibu akan mengalami kontraksi, kontraksi teratur umumnya dimulai dari bagian atas rahim hingga ke bawah bagian vagina. Proses ini biasanya dibarengi dengan rasa nyeri dipunggung dan menjalar kedalam perut seperti kram. 

Kontraksi akan berlangsung lebih sering dan kencang karena untuk mengeluarkan kepala bayi ke mulut rahim. Kontraksi masing-masing akan berlangsung antara 30-60 detik, sedangkan jarak antar kontraksi sekitar 10-20 menit. Rasa sakit akibat kontraksi akan segera menghilang setiap kali rahim kembali mengendur. 

Jika kontraksi sudah berlangsung lama, mulut rahim akan berubah menjadi lunak, tipis, melebar, sehingga bayi mudah keluar dari rahim. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah hindari mengejan sebelum pembukaan sudah lengkap. Karena bunda akan kelelahan dan tidak kuat saat akan mengejan nantinya. Mengejan sebelum waktunya juga akan membuat rahim menjadi bengkak sehingga bayi akan semakin sulit keluar. 

2. Tahapan kedua persalinan normal : Mengejan 
Pada tahap ini bunda akan merasa ingin mengejan atau menekan otot perut seperti ingin buang air besar. Semakin lama, dorongan untuk mengejan akan semakin kuat dan sering hingga akhirnya bayi dilahirkan. 
Tips agar kuat dalam mengejan adalah minumlah susu sebelum melakuakn mengejan, hal itu dapat memberi kekuatan untuk bunda melakukan proses persalinan

3. Tahap ketiga persalinan normal : Plasenta
Setelah proses melahirkan, kontraksi akan masih terus berlanjut, menekan pembuluh darah untuk mengurangi pendarahan. Selama 10-20 menit setelahnya, plasenta atau ari-ari akan segera terlepas dari dinding rahim dan keluar dari dalam vagina. 

Nah, sudah tahu kan bagaimana persalinan normal itu bunda?
yuk sama-sama kita lihat video persalinan normal 


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jangan Takut Melahirkan Normal !!! Ini solusinya "

Posting Komentar