Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjaga Rahasia Ala Rasulullah SAW


Pernah gak kita menjadi kepo ketika ada seseorang berkata "Rahasia" pasti kita akan mendesak sampai dia mengatakan hal yang seharusnya menjadi sebuah rahasia.
Ternyata hal tersebut sangat salah bunda. Jangan sampai kita melakukan hal tersebut kepada anak.
Biarkan dia menyimpan sebuah rahasia yang diamanahkan kepadanya.

Nah, yuk kita simak bersama-sama kisah di zaman rasulullah yang dapat mengajarkan kepada kita cara mendidik anak untuk menjaga sebuah rahasia .

Rasulullah SAW merasakan pentingnya menumbuhkan anak dengan perilaku menjaga rahasia. Seorang anak yang terbiasa menjaga rahasia, dia akan tumbuh dengan memiliki keinginan kuat, tabah dan tertata lidahnya. Dengan demikian, akan tumbuh kepercayaan dalam masyarakat dengan masing-masing menjaga rahasia satu sama lain.

Diriwayatkan oleh Muslim dari Abdullah bin Ja'far RA :
"Rasulullah SAW memboncengkanku dibelakang beliau. Kemudian, beliau menyampaikan suatu rahasia kepadaku yang tidak pernah aku ungkapkan kepada seorang pun. Rasulullah SAW paling suka memakai penutup ketika beliau buang air dengan gundukan tanah atau gerumbul pohon kurma"

Telah berlalu hadis Anas RA dan pelayanannya terhadap Rasulullah SAW serta keterlambatannya menemui ibunya. Sang ibu bertanya "kenapa terlambat?" Dia jawab . "Rasulullah SAW mengutusku untuk sebuah keperluan" Si Ibu bertanya lagi " Keperluan Apa?" Dia menjawab "Rahasia"
Si Ibu Mukminah yang cerdas lalu memberikan pelajaran penting bagi para ibu dalam membimbing anak anak mereka untuk menjaga rahasia. Dia katakan "Jangan memberitahukan rahasia Rasulullah SAW kepada seorangpun"

Hal ini mengajarkan kepada kita untuk mengajarkan tentang pentingnya sebuah amanah yang diberikan oranglain. Hal ini harus ditanamkan kepada anak, agar sang anak tumbuh menjadi anak yang memiliki kepribadian baik, terpercaya. Anak yang terpercaya akan tumbuh menjadi orang besar yang hebat .

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjaga Rahasia Ala Rasulullah SAW "

  1. Sebagai seorang muslin tetunya kita di anjurkan untuk dapat mendidik anak dengan baik, cara mendidik anak secara islami merupakan salah satu pedoman bagi orangtua agar sang anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang santun.

    BalasHapus